Bupati Hendrajoni “Panen” Penghargaan, Pessel Raih AMPL Award

PAINAN, RELASIPUBLIK – Keseriusan dan kerja nyata yang dilakukan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di bawah kepemimpinan Bupati Hendrajoni, sukses meraih tiga penghargaan nasional selama satu pekan terakhir.

Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya Bupati Pessel, Hendrajoni meraih penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award dari kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

AMPL award diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. RI, Suharso Manuarfa, yang dihadiri Wakil Presiden Makruf Amin, Senin (2/12).

Dua penghargaan lainnya, penghargaan Dwija Praja Nugraha (DPN) dari PB PGRI yang diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, dan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Gubernur Sumbar, sebagai kepala daerah terbaik sebagai pembina ketahanan pangan.

Sedangkan penyerahan AMPL award tahun 2019 itu, dilakukan pada acara Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) di Hotel Kempinski Jakarta, Senin (1/12).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pessel, Era Sukma Munaf, AMPL Award diberikan kepada pemerintah daerah yang melakukan inovasi di bidang pembangunan air minum dan sanitasi.

“Kabupaten Pessel, merupakan salah satu kabupaten dari lima kabupaten/kota yang memperoleh AMPL Award tahun ini,”katanya.

Dikatakanya bahwa Pessel diberikan AMPL Award, karena dinilai tim juri telah melakukan inovasi dalam pembangunan air minum dan sanitasi, melalui pemanfaatan dana desa.

“Melalui upaya itu, sehingga masyarakat Pessel dapat menikmati air minum dan sanitasi yang layak,” ungkapnya.

Bupati Pessel, Hendrajoni usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua elemen yang ada di daerah itu.

“Ucapan terima kasih ini juga saya sampaikan kepada semua masyarakat Pessel. Sebab berkat dukungan semua, Pessel sukses meraih tiga penghargaan secara berturut-turut selama empat hari terakhir,” katanya.

Hal itu disampaikanya, sebab selain penghargaan AMPL Award dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI itu, dua penghargaan juga didapatkan pada Jumat (29/11) dan Sabtu (30/12).

“Dua penghargaan lainya itu diantaranya, penghargaan Dwija Paraja Nugraha (DPN) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim, dan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Gubernur Sumbar, sebagai kepala daerah terbaik dalam membina ketahanan pangan. Semua ini saya persersambahkan kepada Pessel,” timpalnya.***