BPBD Solok Selatan Telah Memiliki Alat Pendeteksi Gempa

SOLOK SELATAN, RELASIPUBLIK —Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Solok Selatan, Sumatera Barat telah memiliki alat pendeteksi gempa.

Alat pendeteksi gempa ini merupakan bantuan dari Badan Metreologi Klimatoligi ( BMKG ) pusat dengan tujuan , agar warga lebih waspada dan dengan cepat mengetahui secara dini dimana titik lokasi terjadinya gempa.

Alat penerima dan penyebaran gempa bumi Warning Receiver Systim (WRS) Ina Tews langsung diserahkan oleh
Kepala seksi data dan informasi BMKG Padang Panjang Ma’Muri diserahkan langsung kepada kepala.BPBD Solok Selatan Richi Amran, Senin (29/6/2020).

Kegiatan penyerahan warning receiver systim Ina TEWS dan sekaligus sosialisasi pemakaian perangkat oleh BMKG padang panjang kepada tim TRC BPBD Solok Selatan.

Kepala seksi data dan informasi BMKG Padang Panjang Ma’Muri dalam arahanya didepan tim TRC usai penyerahan alat mengatakan. Alat ini merupakan bantuan dari BMKG pusat dan kami dari BMKG Padang Panjang sebagai perpanjangan tangan pusat, makanya kami datang ke Solok Selatan ini.

Untuk Sumatra Barat hanya dapat 15 kabupaten kota, termasuk Kabupaten Solok Selatan, sebab Solok Selatan termasuk zona patahan semangka, kategori daerah yang mendapat alat ini tergantung dari banyak dan seringnya terjadi gempa.

Yang sudah terpasang itu ada empat daerah dua unit di BPBD Provinsi, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pariaman.

Kami berharap dengan adanya bantuan alat pendeteksi ini, para tim yang sudah dibekali agar bisa memanfaatkan hal ini, sehingga masyarakat bisa dengan cepat memdapatkan informasi terkait bencana gempa.

Sementara itu kepala BPBD Solok Selatan Richi Amran juga mengatakan, pihaknya berterimakasih atas bantuan alat pendeteksi gempa ini,emang selama ini kesulitan kami menjawab setiap pertanyaan masyarakat jika terjadi gempa, dan alat ini memang cangih bisa menjawab semua pertanyaan masyarakat dimana dan jam berapa terjadi gempa.

Richi Amran yang didampinhi Kasi Kesiapsiagaan Rusdi Harmen menambahkan, pihaknya sangat berharap bukan alat ini saja yang dibantu, Solok Selatan sebagai patahan semangka dan berada dikaki gunung kerinci, sangat butuh juga dengan alat pendeteksi gempa gunung dan alat.CCTV pemantau gunung.

“Kita masih butu alat pendektesi gempa gunung karena Solok Selatan berada dikaki gunung kerinci, sekaligus berharap adanya CCTV pemantau gunung,”.harapnya. ( Helfi Yulinda)