100 PNS di Lingkungan Pemkab Pessel Diberikan Diklat AMT

Relasipublik.com Painan – Sebanyak 100 orang pejabat pegawai negeri sipil (PNS) eselon III, IV dan kepala sekolah SD serta SMP, dilingkungan Pemkab Pessel mengikuti kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) untuk mengembangkan diri serta menemukan faktor kekuatan dan kelemahan pada masing-masing individu PNS dalam bekerja, Senin (23/10).

Kepala BKPSDM Pessel, Adha Yanuar mengatakan, kegiatan AMT ini untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara agar memiliki kemampuan dasar dalam memotivasi dan mengembangkan diri masing-masing, selain itu agar mampu menggali potensi serta menemukan faktor kekuatan dan kelemahan pada setiap individu.

“Dengan digelarnya kegiatan AMT ini, maka masing-masing PNS diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal kedepannya,” sebutnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut telah diatur berdasarkan UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kinerja PNS.
“Maka dengan dilakukan AMT kepada sejumlah kalangan pejabat PNS di Pessel, diharapkan pula dapat memberikan pendalaman dan pemahaman dalam menjalani kewajiban sebagai seorang pejabat Apatur Sipil Negara (ASN),” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Trainer AMT Mochamad Dahsyad, sekaligus Dosen dari Akademisi UI Jakarta mengatakan, pembinaan para Pebajat PNS AMT yang dilaksanakan Pemkab Pessel, merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengenali aparaturnya dalam kinerja, sebab hal itu juga akan meningkatkan karakter seorang PNS dalam mengemban tugas yang sudah di amanahkan.

“Tentunya dengan bekerja secara profesional, program-program yang diemban seorang PNS bisa berjalan sesuai dengan terget yang ditentukan. Serta hasil kerjanya akan menjadi lebih maksimal dan memuaskan untuk kemajuan daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Pessel Hendrajoni dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak lembaga Universitas Indonesia (UI) yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabulaten Pesisir Selatan, sehingga kegiatan tersebut, ke depannya dapat memberikan warna dan harapan baru yang sangat signifikan demi kemajuan daerah ke depannya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkelanjutan kedepannya. Insya Allah Pessel terus berbenah dari segi apapun,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, terciptanya lingkungan Pemerintahan yang baik, maka sangat perlu dukungan dari semua pihak, baik segi SDM maupun Aparatur yang memiliki kompetensi yang terukur dan profesional pada masing-masing bidang. Sebab, pemerintah daerah akan selalu fokus dalam memberikan pelatihan terhadap PNS, diantaranya adalah Diklat AMT ini.

“Untuk itu kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, agar serius dan fokus mengikutinya hingga akhir, agar dapat menggali potensi masing-masing individu,” harap Bupati. (Ok/RP)